Jumat, 24 Agustus 2012

Diposting oleh tekhnik komputer

Topan Tembin Landa Taiwan

Khairisa Ferida
Jum'at, 24 Agustus 2012 10:49 wib
(Foto: AP)
(Foto: AP)
TAIPE - Topan Tembin dikabarkan menerjang Taiwan pada dinihari tadi. Kerusakan dialami sejumlah rumah warga yang terletak di bagian selatan Taiwan.

"Tembin yang disebut sebagai topan paling parah oleh Hongkong Observatory menghantam kawasan selatan Pingtung pada pukul 05.00 waktu setempat," ujar Biro Cuaca Taiwan seperti dikutip AFP, Jumat (24/8/2012).

Selain menyebabkan kerusakan di sejumlah rumah warga, topan Tembin juga mengakibatkan pohon-pohon tumbang. Ini menyebabkan sebagian akses jalan di bagian selatan Taiwan tidak dapat digunakan.

Aparat keamanan telah memblokade sejumlah titik rawan di beberapa lokasi, menuju ke daerah dengan ancaman longsor tinggi. Kendati demikian mereka yang memiliki keperluan mendesak masih diizinkan untuk melewati jalanan tersebut.

Tembin tergolong topan yang ditakuti, namun tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut menyusul tindakan antisipasi cepat yang dilakukan otoritas setempat.

Sekira 5.000 orang dikabarkan lebih dulu dievakuasi dari daerah yang beresiko terkena dampak topan Tembin di sepanjang pengunungan Taiwan. Tindakan evakuasi ini dilakukan untuk mencegah korban tewas seperti halnya yang dialami pada 2009 lalu ketika Topan Morakot dikabarkan menewaskan sekira 600 orang akibat tertimbun tanah longsor.(rhs)

0 komentar: